​AKHIRAT LEBIH UTAMA DARIPADA DUNIA

Salam ‘alaikum.

Bismillahirrahmanirrahim

Dalam pembukaan surat al baqarah Allah mengatakan bahwa orang yang bertaqwa adalah mereka yang meyakini hal ghoib, yakni mereka yakin akan adanya kehidupan akhirat.
Dalam Al Qur’an surat Al-An’aam ayat 32 Allah mengatakan jelas bahwa dunia adalah tempat bersenda gurau belaka.

وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَلَلدَّارُالْآَخِرَةُ خَيْرٌ لِلَّذِينَ يَتَّقُونَ أَفَلَا تَعْقِلُونَ

“Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?”

Tapi terkadang kita terlena oleh kenikmatan dunia yang Allah berikan kepada manusia, sehingga kita lupa bahwa kampung akhirat itu lebih baik bagi kita yang mengetahuinya. Seorang muslim yang bertaqwa mempunyai visi mencapai kesuksesan akhirat, bukan kesuksesan dunia. Kalaupun ia sukses dalam hal dunia itu tidak lain sebagai wasilah agar mempermudahnya mencapai kesuksesan akhirat. Karena sejatinya semua keadaan di dunia adalah ujian bagi kita apakah dengan keadaan itu kita bisa mendekat padaNya.

dalam surat Ar Rum Allah mengatakan bahwa orang yang hanya mengingat dunia saja dan melupakan akhirat maka mereka termasuk orang yang lalai.

يَعْلَمُونَ ظَاهِرًا مِنَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَاوَهُمْ عَنِ الْآَخِرَةِ هُمْ غَافِلُونَ

“Mereka hanya mengetahui yang lahir/material (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai.” (QS Ar-Ruum ayat 7)
Semoga kita bukan termasuk orang yang dibutakan oleh kenikmatan dunia sehingga akhirnya kita lupa bahwa ada kehidupan yang kekal yaitu kehidupan akhirat. Semoga apapun prestasi yang kita dapatkan di dunia ini bisa menghantarkan kita pada mengingat kematian dan mengingatkan kita bahwa ada kehidupan yang kekal yaitu akhirat. Smoga kita termaasuk orang yang akan selamat di akhirat nanti dan mampu bertemu dengan keluarga dan orang-orang yang kita cintai di syurgaNya. Aamiin…

“Kenikmatan tertinggi seorang muslim adalah ia berkumpul bersama orang-orang yang ia cintai di syurgaNya”

Subhanallah….

Wallahu’alam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s